Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Gizi Dan Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan Apakah anda pehobi ikan, terutama ikan patin ? jika “ya” maka anda termasuk orang berpotensi hidup sehat, karena manfaat ikan patin sangatlah baik untuk kesehatan manusia, oleh sebab itu ikan patin termasuk  jenis ikan yang banyak dipilih untuk dibudidayakan oleh para peternak ikan, hal ini untuk memenuhi banyaknya permintaan pasar. Ikan patin termasuk jenis ikan yang relatif gampang diternakan asalkan kita tahu cara membudidayakannya serta dapat mengenali hama dan penyakit ikan patin yang sering menjadi masalah dalam proses pembesarannya. Seperti halnya jenis ikan lain, ikan patin kaya akan kandungan gizi oleh sebab itu banyak orang yang mengkonsumsi ikan ini sebagai sumber protein kualitas tinggi, vitamin dan mineral. Nilai kandungan gizi yang berupa kadar protein hewani yang terkandung dalam ikan patin memiliki keunggulan relatif lebih besar dari pada protein yang dihasilkan oleh ikan tawar jenis lain. Sumber protein yang tersedia dalam daging ikan patin adalah sekitar 23-28 persen.

Manfaat ikan patin bagi kesehatan ditandai dengan adanya kandungan lemak lebih rendah dibanding ikan jenis lain, terutama dua asam lemak esensial DHA yaitu kira-kira sebesar 4,74 % dan EPA yaitu kira-kira sebesar 0,31 %. Kedua jenis omega-3 asam lemak ini biasanya dihasilkan dari jenis ikan yang hidup di air dingin seperti ikan salmon, ikan tuna, dan ikan sarden. Kadar lemak total yang terkandung dalam daging ikan patin adalah sebesar 2,55 % sampai dengan 3,42 %, dimana asam lemak tak jenuh nya adalah di atas 50 %.  Asam oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang paling banyak terkandung di dalam daging ikan patin yaitu sebesar 8,43 %.

Berdasarkan hasil dari penelitian, kandungan gizi di dalam ikan patin yang berupa lemak tak jenuh (USFA sebesar 50 %) sangatlah bagus untuk mencegah terjadinya resiko penyakit Kardiovaskular. Lemak tak jenuh juga bermanfaat untuk menurunkan besarnya kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang terkandung di dalam darah sehingga dapat mencegah dan mengurangi terkena penyakit jantung koroner.

Jika di lihat dari rendahnya kadar kolesterol yang terkandung dalam daging ikan patin ( 21-39mg/100 gram),  maka manfaat ikan patin  sangatlah bagus bagi anda yang sedang menjalankan program diet karena bisa mengurangi asupan kolesterol harian di dalam menu makanan anda.

27 Responses to Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan Tubuh

  • saling indonesia says:

    info yang bagus, saya dan keluarga sering makan ikan patin, terima kasih infonya.

  • shanty oktavia says:

    patin enak di asm pdas

    • Alan says:

      i do eat this often once in a while at restaurants, soitmmees they do have that kind of muddy taste but i think the way you cook and garnish that already beyond restaurant standard. The more often river type of fish that i eat are normally red tilapia and ‘pak so koong’..

  • Arbe says:

    Surprsinig to think of something like that

  • caturmade says:

    :razz: patin enak loh dibikin tempoyak

  • Harun says:

    terimakasih banyak infonya, saya sendiri sedang diet karena penyakit diabet dan diantara makanan atau ikan yang sering saya konsumsi adalah ikan patin.

  • wastub says:

    bagus juga tuh infonya…

  • eca sinaga says:

    saya baru tahu kalau ikan patin itu enak ya :shock: :mrgreen: :evil: :oops: :?: :razz: :sad: :!: :smile: :grin: :eek: :???: :cool:

  • dian ayu says:

    the best fish to our body . :lol:

  • lifa says:

    :grin:sekeluarga we love ikan patin yummi abis

  • Anwar says:

    Artikel yg bagus. Hanya saja tidak menyebutkan sumber referensinya dari mana

  • zulian says:

    Sya dan istri sya kdng ikan patin menjd hobby tuk memakan
    Krna kandungan lemak tdk jenuh yg da d ikan patin tdk membhyakan jg lezat

  • tuti says:

    ikan patin emang bener-bener enak….yummi…..bergizi lagi… :grin:

  • Leha says:

    Makasih banyak y atas informasiny…
    Dengan adanya informasi ini kami tidak takut lg dgn gosip kalau ikan patin itu mmpunyai kolesterol jahat…

  • ChipenkCF says:

    :cool: thanks info nya gan

  • sundary says:

    ada kach efek samping memakan ikan patin…

  • hambali says:

    apa perbedaan ikan patin dan ikan baung….?????

  • PAZAR says:

    pepes patin

  • Riyanto says:

    very good information,
    saya tadinya gak percaya sama istri saya, kok ikan bisa menurunkan kolesterol.
    kebetulan kolesterol saya agak tinggi, jadi untuk mencukupi asupan gizi saya banyak menkonsumsi putih telur. Sekarang saya percaya dan tambah yakin, konsumsi ikan patin aman dan manfaatnya bagus untuk kesehatan.
    Thank’s :)

  • winda says:

    sebelum membaca artikel ini saya sangat takut makan ikan patin, karena minyak nya banyak sekali.tapi setelah tahu dengan membaca artikel ini saya jadi semangat untuk memakannya…..trims infonya

  • rere says:

    dulu agku gak suka banget ma ikan patin..bentuknya anehh….n terlalu berlemak…(fikirku siihhh)
    tapi sekarang jadi sering konsumsi ikan patin teryata dagingnya lembut…. n yummyyy… d masak apa ajah…
    n ternyata juga lemak nya tuh lemak baik… waoww cocok buat dietku nihhh…

    mantaaabbbbb… thanks min infonya..

  • rizqy says:

    Mksih infony…rupany selain enk bergizi lg

  • Siso Wirawiri says:

    :razz: “Saya suka dan sering makan ikan patin. Apalagi kalo lagi gak enak makan, pake ikan patin, makan jadi lahap…!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>